Pemahaman & Manfaat Mengenai Data Virtualization

 In Blog

Virtualisasi data (Data Virtualization) adalah pendekatan untuk data management yang memungkinkan aplikasi untuk mengambil dan memanipulasi data tanpa memerlukan detail teknis tentang data, seperti bagaimana data tersebut diformat atau di mana data secara fisik berada.

Selain itu virtualisasi data juga dapat memberikan single customer view dari keseluruhan data. Anda mungkin akrab dengan konsep virtualisasi data jika Anda menyimpan foto di situs jejaring sosial Facebook.

Saat Anda mengunggah foto Anda ke Facebook dari komputer Anda, maka Anda harus memberikan upload tool dengan informasi tentang lokasi dari foto (photo’s file path).

Setelah diunggah ke Facebook, Anda dapat mengambil foto tanpa harus mengetahui jalur file yang baru (new file path). Bahkan, Anda sama sekali tidak tahu di mana Facebook menyimpan foto Anda karena software Facebook memiliki lapisan abstraksi (abstraction layer) yang menyembunyikan informasi teknis itu.

Lapisan abstraksi inilah yang dimaksud ketika ada penggunaan istilah virtualisasi data.

Manfaat Mengenai Data Virtualization

Koneksi ke lebih banyak data

Virtualisasi data memungkinkan bisnis untuk mengakses data internal dan eksternal tanpa harus mengetahui bagaimana atau di mana data disimpan. Pengguna dapat mengakses data terstruktur dan tidak terstruktur hanya dengan mencari istilah bisnis yang umum.

Percobaan

Virtualisasi data memungkinkan pengguna untuk bereksperimen dengan ide baru untuk mendapatkan dan menggunakan data. Ini mengarah pada pertumbuhan bisnis. Juga dengan sedikit risiko downtime, pengguna dapat mendeteksi, memeriksa dan memperbaiki masalah data yang mungkin terjadi dengan cepat dan mudah.

Waktu respon yang cepat

Perubahan yang cepat menjadi kebutuhan dalam bisnis. Virtualisasi diketahui dapat mengurangi risiko downtime dan memungkinkan pengguna untuk mendeteksi, memeriksa dan memperbaiki masalah apa pun dengan cepat.

Lebih sedikit risiko

Pelanggaran akses data dan laporan yang tidak akurat tidak hanya dapat mengakibatkan denda dan penalti, namun juga dapat merusak brand bisnis. Virtualisasi data dapat menghapus risiko kerusakan ini dengan:

  1. Mengizinkan pengguna melihat data secara langsung
  2. Menghapus ketidakakuratan yang bisa disebabkan oleh sejumlah laporan pekerjaan
  3. Menerapkan kontrol keamanan yang memungkinkan pengguna hanya melihat apa yang perlu mereka lihat
  4. Penyembunyian data untuk menjaga data sensitif seperti informasi pribadi dan keuangan yang aman
  5. Memanfaatkan server terpusat yang secara instan mengamankan data baru sesuai dengan aturan bisnis

Pengambilan keputusan yang lebih baik

Informasi yang lengkap, akurat, dan diperbarui memungkinkan perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik. Dengan virtualisasi data, bisnis dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi terkini dan akurat. Pengguna dengan hak akses dapat menerima data secara real-time.

Dengan data environment yang terintegrasi sepenuhnya dapat membuat IT secara efisien menarik data dari sumber yang berbeda dan dengan cepat menyajikan informasi yang lengkap, terkini, dan akurat kepada pengguna bisnis.

Recommended Posts

Leave a Comment

1 × 3 =

Start typing and press Enter to search