Time Synchronization: Pastikan Presisi Waktu untuk Efisiensi Bisnis

21 Feb 2024 Muhammad Iqbal Iskandar

Time Synchronization: Pastikan Presisi Waktu untuk Efisiensi Bisnis

Dunia bisnis modern kini bertumpu pada teknologi terbaru untuk menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Penggunaan teknologi oleh bisnis salah satunya adalah karena alasan efisiensi dan kecepatan waktu pengerjaan. Oleh karena itu, sinkronisasi waktu atau time synchronization adalah kunci penting untuk memastikan waktu yang digunakan sistem telah sama dan presisi.

Network time synchronization dapat memastikan bahwa seluruh sistem dan perangkat dalam suatu jaringan beroperasi sesuai dengan waktu yang sama secara akurat. Lalu apa itu time synchronization? Apa saja fungsinya dan bagaimana cara kerjanya? Apa bedanya time synchronization protocol dan time synchronization server? Simak informasi selengkapnya di artikel berikut in!

Apa yang Dimaksud dengan Time Synchronization?

Time synchronization adalah sebuah proses untuk menyelaraskan waktu pada berbagai perangkat dalam sebuah jaringan. Hal ini dilakukan untuk memastikan waktu yang digunakan oleh setiap perangkat dalam jaringan tersebut sama dan sejalan. Waktu yang tidak selaras antar perangkat dapat mempengaruhi keakuratan dan keteraturan operasional.

Dalam praktiknya, proses sinkronisasi waktu ini menggunakan protokol (time synchronization protocol) yang biasa disebut network time protocol (NTP). NTP dapat menyesuaikan waktu-waktu yang digunakan perangkat-perangkat dalam jaringan. Sumber waktu utama dalam jaringan ini adalah server (time synchronization server) yang dihubungkan dengan sumber waktu eksternal seperti jam atom atau satelit GPS.

Apa Saja Fungsi Time Synchronization?

Sinkronisasi waktu digunakan dalam berbagai hal seputar kegiatan operasional bisnis. Kegiatan operasional bisnis yang dilaksanakan dalam suatu jaringan dengan perangkat yang banyak memerlukan keakuratan dan presisi dalam penggunaan waktu. Berikut ini adalah beberapa fungsi sinkronisasi waktu dalam bisnis:

Log File, Auditing, dan Monitoring

Sinkronisasi waktu sangat penting untuk log file, auditing, dan monitoring. Ketiga hal ini dilakukan untuk memantau kejadian dan aktivitas dalam suatu jaringan. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan hasil pemantauan yang akurat diperlukan sinkronisasi waktu yang akurat pula.

Hasil pemantauan ini akan digunakan untuk analisis keamanan, pemecahan masalah, serta kepatuhan terhadap regulasi.

Proses Transaksi

Proses transaksi adalah tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah bisnis. Banyak transaksi yang terjadi di lingkungan bisnis yang sangat mengandalkan waktu sebagai salah satu parameter penting.

Sinkronisasi waktu dapat membantu memastikan bahwa seluruh proses transaksi, khususnya di sektor keuangan dan perbankan, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan urutan waktu (kronologi) yang benar.

Diagnosis Jaringan

Diagnosis perlu dilakukan secara berkala pada jaringan untuk memastikan kondisi dan mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, sinkronisasi waktu sangat penting agar diagnosis dan identifikasi sumber masalah bisa lebih cepat dan lebih efisien.

Lingkungan Virtual

Lingkungan virtual adalah tempat virtual machine berjalan pada server fisik. Jika VM berjalan pada server fisik yang berbeda, maka perlu dilakukan sinkronisasi waktu untuk mencegah terganggunya operasional sistem.

Akses Keamanan dan Otentikasi

Keamanan jaringan sangatlah penting dalam kelancaran operasional. Beberapa protokol keamanan seperti token atau sertifikat harus dapat berfungsi dengan benar dan dalam waktu yang telah disinkronisasi.

Jadwal Operasional

Kegiatan operasional umumnya terdiri dari beberapa tugas yang dibebankan kepada beberapa penanggungjawab dalam sebuah jadwal. Jadwal tersebut harus diikuti oleh seluruh perangkat di dalam satu jaringan untuk mencegah konflik waktu yang dapat mengganggu produktivitas.

Bagaimana Cara Kerja Time Synchronization?

Sinkronisasi waktu dilakukan pertama-tama dengan mengintegrasikan berbagai perangkat keras dan perangkat lunak khusus ke dalam satu jaringan. Langkah selanjutnya adalah memilih sumber waktu sebagai referensi utama, contohnya adalah jam atom, satelit GPS, atau server waktu eksternal yang akurat.

Kemudian server jaringan bisnis akan dikonfigurasi untuk menerima sinyal waktu dari sumber waktu utama tersebut. Terdapat perangkat lunak yang dapat menghitung deviasi waktu sebenarnya dan waktu yang tercatat pada perangkat lain di jaringan.

Setelah itu, sinyal waktu yang akurat akan didistribusikan ke seluruh perangkat dalam jaringan menggunakan protokol seperti NTP. Perangkat-perangkat lain akan melakukan sinkronisasi dengan server waktu secara berkala.

Setiap perangkat klien akan diatur untuk bisa menerima dan mengikuti sinyal waktu dari server. Penyesuaian waktu ini dilakukan di setiap perangkat secara otomatis.

Mengapa Time Synchronization Penting?

Sinkronisasi waktu telah menjadi elemen penting yang dapat mempengaruhi efisiensi bisnis di era digital. Selain faktor perkembangan teknologi khususnya jaringan, terdapat beberapa faktor mengapa sinkronisasi waktu menjadi sangat penting untuk bisnis. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut:

Koordinasi dan Integrasi Sistem

Perusahaan yang memiliki sistem yang besar dapat mengalami kesulitan untuk mengintegrasikan data dari berbagai bagian. Kekacauan integrasi sistem ini dapat terjadi jika waktu di setiap perangkat tidak sesuai. Oleh karena itu sinkronisasi waktu perlu dilakukan untuk mendukung integrasi sistem yang lancar.

Keakuratan Laporan

Proses bisnis membutuhkan pengambilan keputusan strategis yang didasarkan oleh laporan dan data yang akurat. Laporan waktu yang akurat dapat memberikan dasar yang solid untuk pengambilan keputusan strategis.

Efisiensi Operasional

Dalam kegiatan operasional sehari-hari, efisiensi adalah hal terpenting. Oleh karena itu, sinkronisasi waktu dapat memastikan bahwa proses bisnis berjalan lancar tanpa hambatan. Waktu yang selaras dan terkoordinasi dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan meningkatkan produktivitas.

Kepatuhan Regulasi

Dalam beberapa industri, misalnya industri keuangan atau perbankan, kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku sangatlah penting. Untuk regulasi yang terkait dengan waktu, perusahaan dapat menggunakan sinkronisasi waktu untuk memenuhi persyaratan regulasi dengan menyediakan referensi waktu yang beragam.

Apa Konsekuensi dari Time Synchronization yang Buruk?

Sinkronisasi waktu yang buruk dan tidak presisi dapat menyebabkan beberapa dampak buruk yang dapat menghambat dan merugikan bisnis secara umum. Berikut  adalah beberapa konsekuensi dari sinkronisasi waktu yang buruk:

Hambatan Operasional

Keselarasan waktu yang buruk dapat menghambat kegiatan operasional secara signifikan. Contohnya, proses bisnis bisa mengalami ketidaksesuaian dengan jadwal dan membuat kekacauan dalam tata kelola operasional. Hal tersebut dapat memperlambat respons perusahaan terhadap permintaan pasar atau kesempatan bisnis.

Kehilangan Data

Kehilangan data dapat terjadi apabila terjadi ketidaksesuaian waktu di antara perangkat dalam jaringan. Hilangnya data-data penting dapat berdampak buruk bagi bisnis khususnya untuk pengambilan keputusan dan pelaporan.

Celah Keamanan

Ketidakseragaman waktu juga dapat menciptakan celah dari segi keamanan. Celah ini dapat mengundang serangan siber seperti replay attacks jika waktu di seluruh jaringan tidak sinkron.

Liabilitas Hukum

Parameter waktu dalam transaksi merupakan hal yang penting dan harus dipertanggungjawabkan secara hukum. Ketidakselarasan waktu dapat mengakibatkan transaksi tidak dapat diverifikasi waktu terjadinya. Hal tersebut bisa berujung pada perselisihan hukum.

Hilangnya Kredibilitas

Perusahaan yang tidak mampu memberikan pelayanan dan informasi secara tepat waktu akan terlihat tidak kredibel di mata pelanggan. Rendahnya kepercayaan dan kepuasan pelanggan tentu akan berdampak sangat besar bagi kesuksesan bisnis.

Pastikan Presisi Waktu di Jaringan Perusahaan dengan Solusi Time Synchronization dari Phintraco Technology

Sistem jaringan yang digunakan perusahaan memerlukan waktu yang akurat dan selaras agar bisa berfungsi dengan optimal. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan solusi time synchronization.

Phintraco Technology merupakan anak perusahaan dari Phintraco Group yang bergerak di bidang solusi infrastruktur IT. Phintraco Technology menyediakan berbagai solusi IT terbaik, salah satunya adalah time synchronization.

Hubungi email marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut tentang solusi time synchronization dari Phintraco Technology!

Editor: Cardila Ladini