Fitur Utama Dari Application Performance Monitoring

 In Blog

Application performance monitoring membantu perusahaan meningkatkan pengalaman pengguna pada skala komputasi modern. Observabilitas umumnya hanya digunakan pada aplikasi seluler, website, dan aplikasi bisnis. Namun di era digitalisasi ini, perusahaan juga memerlukan pemantauan menyeluruh pada layanan, proses, log, serta pengguna akhir dalam memastikan pengalaman optimal.

Fitur Application Performance Monitoring Dalam Menunjang Infrastruktur IT

Pengertian

Application performance monitoring (APM) adalah kumpulan tools serta proses yang dirancang untuk melacak kinerja aplikasi menggunakan pendekatan pemantauan dan data telemetri. APM memastikan ketersediaan sistem, kecepatan respon, dan meningkatkan pengalaman pengguna yang dibutuhkan baik itu oleh karyawan maupun pelanggan.

Bagaimana Cara APM Bekerja?

APM bekerja dengan mengamati bagaimana kinerja aplikasi dan apakah telah bekerja sebagaimana mestinya. Jika tidak, maka data akan dikumpulkan dari sumber terjadinya permasalahan. Data terkumpul kemudian dianalisis terkait pengaruhnya terhadap bisnis dan aspek yang perlu diperbaiki dalam menanggulangi masalah serupa di masa akan datang.

Kategori data yang dikumpulkan APM meliputi:

Metrics

Metrik adalah ukuran yang digunakan untuk memahami status proses tertentu. Umumnya, metrik menjadi dasar perbandingan dalam menganalisis performa sistem atau aplikasi.

Traces

Trace adalah file yang mengilustrasikan maupun memahami proses berjalannya request pada semua komponen hingga layanan jaringan. Trace berisikan ratusan data points yang mengindikasikan kesalahan, mendiagnosis ancaman sistem keamanan, serta mendeteksi masalah performa aplikasi.

Log

Log adalah file yang menyimpan informasi tentang perilaku pengguna dan peristiwa yang terjadi di aplikasi. File log digunakan dalam analisis akar permasalahan, memahami mengapa metrik berubah, dan mengidentifikasi dimana permasalahan dimulai.

Fitur Utama Dari Application Performance Monitoring

Automation

APM dengan otomatisnya menemukan dan memantau beban kerja aplikasi dan komponen infrastruktur secara real-time di lingkungan IT yang dinamis. Otomatisasi tersebut mempermudah perusahaan terus memantau adanya potensi kegagalan sistem serta anomali pada kinerja aplikasi.

Application Architecture insights

APM memberikan insight kepada perusahaan mengenai bagaimana perubahan arsitektur aplikasi mempengaruhi kinerja dan pengalaman pengguna. Hal ini mempermudah kolaborasi pengembangan infrastruktur lebih baik di semua channel yang diakses oleh pengguna.

Artificial intelligence

APM memiliki artificial intelligence yang terus mengamati, mempelajari, dan beradaptasi dalam mendeteksi masalah dari aplikasi. Bantuan dari AI mempermudah tim IT mendapatkan solusi tepat atas permasalahan kompleks pada waktu singkat.

One Agent

Fitur One Agent menyederhanakan proses pemantauan. Perusahaan hanya memerlukan satu agen untuk memantau semua metrik relevan dari aplikasi bisnis. Pemantauan tidak hanya sebatas melihat setiap komponen, tetapi juga memahami semua itu terhubung menjadi satu kesatuan sistem.

Sebagai perusahaan yang bergerak di teknologi informasi komunikasi, Phintraco Technology menawarkan solusi Application Performance Monitoring yang mampu memenuhi tuntutan dari pengoptimalan pengalaman pengguna.

Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut.

Recommended Posts

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search